Untuk Membuka Tab Baru Ctrl + Klik!

Jumat, 22 Juni 2012

Tool Untuk mengecek Kondisi Peripheral Komputer

Windows banyak menyediakan menyediakan tool untuk mengecek/mengetahui kondisi periferal yang terpasang dalam komputer. Berikut ini beberapa tool bawaan windows yang digunakan untuk mengecek/mengetahui kondisi periferal:

  • Device Manager
Device manager digunakan untuk mengetahui keadaan hardware secara menyeluruh. Cara membukanya: Klik kanan pada my computerProperties, kemudian pilih tab hardware device manager. Tool ini digunakan untuk disable/enable hardware yang terpasang dan juga uninstall driver maupun update driver. Device manager  juga memberikan informasi apakah periferal tersebut sudah terinstall drivernya dengan baik atau belum. Apabila periferal tersebut belum terinstall, maka akan terdapat simbol “!” pada periferal tersebut.

  • System Information
System information digunakan untuk mengetahui informasi bagian hardware. Untuk menampilkannya: Klik StartAccessoriesSystem ToolSystem information. Tool ini dilengkapi dengan fungsi cari yang berfungsi untuk memudahkan pencarian komponen dalam komputer. Selain itu, tool juga dilengkapi dengan fasilitas yang mampu digunakan untuk mendiagnosa jaringan, hardware dan file system.

  • DirectX
DirectX digunakan untuk mendiagnosa semua hardware yang terpasang pada pc yang berhubungan dengan grafis, network dan multimedia. Untuk menampilkannya: Buka Run → ketik dxdiagOK. DirectX mampu mendiagnosis system, display monitor, sound, music dan network. Tool ini dilengkapi dengan feature acceleration untuk meningkatkan performance periferal. Tampilan DirectX terdiri dari 3 bagian yaitu Device, Driver, Feature dan Notes. Pada bagian device berisi nama dari periferal yang terpasang. Untuk driver berisi tentang driver yang digunakan meliputi versi dan vendor pembuatnya. Sedangkan untuk notes adalah berupa log yang menerangkan kondisi periferal. Dengan tool DirectX dapat diketahui ada tidaknya trouble pada periferal yang terpasang. Tool ini sangat mudah digunakan untuk mengetes kemampuan resolusi monitor, kemampuan dukungan 3D.

0 komentar:

Poskan Komentar